Reserved

Hal Unik Mengenai Menstruasi & Siklus Menstruasi

loading...
Menstruasi, sering dinamai juga dengan istilah haid atau datang bulan, terjadi secara alami dan normal akibat perubahan fisilogis di dalam organ reproduksi seorang perempuan.

Menstruasi dialami secara berkala oleh seorang perempuan, bergantung pada hormon reproduksi, yaitu hormon FSH-Estrogen dan LH-Progesteron.

Berbahagialah jika anda mengalaminya, karena menstruasi merupakan proses yang penting bagi seorang wanita, yang menandakan jika wanita tersebut siap melakukan proses reproduksi.

Artinya, pada saat seorang wanita belum mengalami menstruasi, ataupun sudah tidak lagi mengalami menstruasi, dikenal dengan istilah menopause, organ reproduksi wanita tersebut tidak dapat difungsikan untuk ber-reproduksi atau menghasilkan keturunan (hamil).

Dengan demikian, proses menstruasi akan secara pasti dialami oleh setiap perempuan, dan terlihat dari luar sebagai proses keluarnya darah dari vagina.

Menstruasi

Menstruasi

Menstruasi berlangsung sekitar 5-7 hari, kemudian berhenti dan dialami kembali di bulan berikutnya.

Masa dari akhir menstruasi sampai terjadinya menstruasi berikutnya dinamai dengan istilah siklus menstruasi.

Siklus menstruasi ini tidaklah sama antar satu perempuan dengan lainnya, ada yang memiliki siklus menstruasi pendek, atau sekitar 21 hari, ada juga yang mempunyai siklus menstruasi panjang, atau sekitar 30 hari.

Bahkan bukan hanya pada orang yang berbeda, seorang wanita pun sangat mungkin mempunyai siklus menstruasi yang tidak tetap, artinya jika bulan ini dia mengalami siklus menstruasi pendek, bisa saja siklus menstruasi berikutnya adalah siklus panjang.

Seperti dijelaskan di atas, pada saat menstruasi, wanita mengeluarkan darah, yang sebenarnya merupakan hasil peluruhan dinding rahim, dari vagina.

Tidak perlu cemas jika anda mengalami menstruasi, karena darah yang keluar umumnya hanya sekitar 10 hingga 80 ml per hari nya. Walaupun ada juga kasus dimana darah yang keluar terlalu banyak.

Jika darah yang keluar saat haid terlalu banyak, anda perlu mewaspadai kemungkina terjadinya menorrhagia, yang penjelasan lengkapnya bisa anda baca di artikel waspadai menorrhagia, saat darah menstruasi terlalu banyak

Untuk mencegah darah mengotori pekaian, pada saat menstruasi wanita menggunakan pembalut yang berfungsi untuk menampung darah haid.

Untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan mencegah infeksi serta gangguan lainnya, sangat disarankan untuk mengganti pembalut minimal 2 kali sehari.
Klik Untuk Bagikan →
loading...

Entri yang Diunggulkan

Sering Mengikat Penis Agar Ereksi Lebih Keras, Amankah ?

Salah satu cara instan untuk membuat "Mr P" ereksi dengan keras adalah dengan melakukan pengikatan di area pangkal penis. Pengi...

Baca Juga :

Memuat...