Reserved

Pengertian Menstruasi

loading...
Menstruasi dan perempuan merupakan 2 hal yang tak terpisahkan, sebagai perempuan anda pastinya akrab dengan tamu bulanan satu itu, tapi apakah anda tau kenapa perempuan mengalami menstruasi? dan apa yang terjadi saat seorang perempuan mengalami menstruasi?

Menstruasi

Menstruasi atau haid merupakan peristiwa normal yang dialami oleh perempuan setiap bulan dari mulai usia remaja hingga berakhir dengan terjadinya menopause.

Menstruasi atau haid atau datang bulang sendiri terjadi diakibatkan proses peluruhan dinding rahim disertai dengan darah yang keluar melalui organ kewanitaan, dan umumnya berlangsung sekitar 5 sampai 7 hari.

Setiap perempuan yang telah memasuki masa pubertas dipastikan akan mengalami menstruasi, karena proses menstruasi adalah satu proses penting untuk mempersiapkan kemampuan reproduksi dan menstruasi menandakan bahwa rahim dalam tubuh perempuan tersebut telah memasuki masa siap untuk dibuahi.

Siklus Menstruasi

Walaupun satu perempuan dengan lainnya tidak mengalami siklus yang sama, namun secara rata-rata perempuan mengalami siklus menstruasi selama 25 hari.
Umumnya pada remaja yang baru mengalami beberapa kali menstruasi, siklus haid nya akan kurang teratur namun lambat laun akan menjadi lebih teratur seiring waktu, walau ada pula yang tetap mempunyai siklus haid kurang teratur yang nantinya akan berpengaruh pada masa subur dan tingkat kesuburan.

Gangguan Saat Menstruasi

Ada beberapa keluhan atau gangguan umum yang dirasakan oleh perempuan saat menstruasi atau datang bulan, diantaranya adalah
  1. Rasa sakit di bagian payudara dan atau pada perut bagian bawah
  2. Kram perut
  3. Demam
  4. Jerawat yang tiba-tiba muncul di wajah,
  5. dan gangguan emosional
Semua gejala di atas adalah gejala saat sebelum dan di masa haid yang normal dialami oleh kebanyakan perempuan, namun jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli jika gangguan-gangguan masa menstruasi di atas dirasa berlebihan.
Klik Untuk Bagikan →
loading...

Entri yang Diunggulkan

Sering Mengikat Penis Agar Ereksi Lebih Keras, Amankah ?

Salah satu cara instan untuk membuat "Mr P" ereksi dengan keras adalah dengan melakukan pengikatan di area pangkal penis. Pengi...

Baca Juga :

Memuat...